Selasa, 19 Agustus 2025

Materi Copywriting Formula

Nama: Nazwa Shabrina Zain
Kelas: 12 DKV 2
No: 24

Formula itu bahan, rumus, kayak pernah lihat film Spongebob, formula rahasia, susunannya dan cara menakarnya agar mencapai suatu kepuasan pelanggan.

AIDA Formula
  • Attention (perhatian), dapat menari perhatian orang, dilihat dari judulnya.
  • Interest (menarik/tertarik), dibutuhkan manarik perhatian konsumen, mencari jalan masalah keluar.
  • Desire, target konsumen menarik perhatian, di video ada before/after, masukkan manfaat, powerword.
  • Action, ada link bionya (menarik perhatian).

AICA Formula
  • Conviction, agar pembeli tidak ragu-ragu, misalnya di ganti dengan garansi yang lebih panjang (contoh: garansi 5 tahun).

PAS Formula
  • Problem, latar belakang masalah.
  • Agigate, hasutan.
  • Solution, naik ojek online misalnya.

FAB Formula
  • Feature, ciri karakteristik.
  • Advantage, keuntungan.
  • Benefit, manfaat yang ditawarkan kepada target konsumen.

Dari sekian banyak formula yang Saya jelaskan. Sekarang meneliti formula dari:


Penjelasan:
  • Attention: Judulnya dari "8.8 PLUS Festifal".
  • Interest: Subjudulnya "Promo puncak".
  • Desire: "Flash Sale Serba 8".
  • Action: Menawarkan harga tertera Rp888rb.
  • Conviction: Adanya tidak membuat pengguna ragu-ragu dengan "GRATIS ONGKIR s.d 100rb Tanpa Minimum".
Dan juga psychological triggers for coywritingnya:
  • Curiosity:  Rasa penasaran dari konsumen dari program 8.8 PLUS  Festival.
  • Promises: Menjanjikan diskon 8.8 dengan semua produk menjadi harga Rp888rb.
  • Social proof: -
  • Halo Effect: -
  • Mirror Neutrons: -
  • Reciprocity: Di poster memberikan GRATIS ONGKIR s.d 100rb tanpa minimum.
  • Scarity: Segera melakukan pada bulan 8 tepatnya tanggal 8.
  • Emoji: -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan lainnya

Perkenalkan Konstanta Sigma Spiral

  "Konstanta Sigma Spiral (Σs ≈ 18.53) adalah sebuah angka yang menggambarkan pola pertumbuhan spiral logaritmik, yang sering kita temu...